Selasa, 07 Juni 2016

Bagian-bagian dalam surat bisnis



Bagian-bagian dalam surat bisnis
Logo: Sebuah logo yang didesain khusus akan membantu pembaca surat mengidentifikasi darimana surat bisnis yang diterimanya berasal.
Kop surat: nama perusahan,alamat, dan nomor telepon atau  faksimile serta alamat email akan membantu penerima surat dalam mengirim balasan bilamana diperlukan.
Referensi: merupakan inisial nama penulis (pengetik surat bisnis ini), yang dapat juga merupakan referensi pengarsipan surat.
Tanggal: penanggalan gaya Inggris (UK) adalah hari bulan tahun. Alternatif penulisan tanggal ini dapat berbeda di tiap negara.
Alamat tujuan surat: berisi nama lengkap dan alamat lengkap beserta kode posnya.
Salam pembuka: disesuaikan dengan sebutan gender orang yang menjadi tujuan surat.
Perihal: berisi tujuan penulisan surat yang berfungsi memberikan ide awal keseluruhan surat.
Isi surat:  terpisah dalam paragraf dengan masing-masing ide yang berbeda di tiap paragrafnya. Berikan satu spasi antara satu paragraf dengan paragraf lainnya.
Salam penutup:  berisi ucapan atau salam hormat terhadap orang yang menjadi tujuan surat.
Tanda tangan: pengirim surat setiap surat bisnis haruslah ditandatangani oleh si pengirim.
Nama pengirim surat: selain menulis nama, ada baiknya juga menuliskan dalam tanda kurung sebutan bagi si pengirim, apakah laki-laki atau perempuan (Bapak atau Ibu)
Departemen atau jabatan si pengirim: dengan menuliskan apartemen dan jabatan si pengirim, akan mudah bagi orang yang menjadi tujuan surat apabila akan membalas surat bisnis tersebut.
Tanda lampiran: apabila terdapat lampiran beserta surat bisnis maka diperlukan dengan menuliskan "terlampir" atau dalam bahasa inggris ditulis Enc atau Enclosed.
Tanda copy atau tembusan: mengindikasikan  bahwa surat yang dikirimkan memiliki copy surat yang juga diterima orang lain.

kategori surat bisnis
confirmation (konfirmasi):  memberikan konfirmasi perjanjian yang dibuat antara pengirim dan penerima.
Acknowledgement (pengakuan):  mengakui penerimaan ,sebuah surat pesanan atau hal lainnya
enquiry (permintaan): meminta informasi atau keterangan harga.
Reply (balasan atas permintaan): menanggapi suatu permintaan komplain keluhan mengkritik layanan atau produk yang buruk kualitasnya.
Adjusment (tanggapan terhadap keluhan): menanggapi keluhan dan berharap dapat melakukan perbaikan terhadap layanan buruk yang dilakukan.
Collection letter (tagihan): menagih hutang atau tagihan yang jatuh tempo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar